29 Mei 2009

Pertemuan Consultative Committee on Agriculture (CCA) ke-3 Indonesia - Brazil


Mataram - Telah berlangsung Pertemuan CCA Indonesia – Brazil tanggal 4-5 Mei 2009 di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang merupakan pertemuan untuk membicarakan kerjasama bidang pertanian. Delegasi Indonesia untuk Pertemuan CCA ke-3 ini dipimpin oleh Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional, Yusni Emilia Harahap dan Delegasi Brazil dipimpin oleh Senior Advisor, Secretariat For International Relations in Agribusiness Ministry of Agriculture, Livestock and Food Brazil, Mr. Lino Colsera, Delegasi Indonesia pada pertemuan ini juga diperkuat oleh Duta Besar RI untuk Brazilia Bapak Bali Moniaga.

Agenda yang dibahas dalam Pertemuan CCA ke-3 ini antara lain adalah kerjasama bidang kedelai, peternakan, pertukaran germ plasm kelapa sawit, buah tropis dan kemungkinan membentuk Laboratorium External untuk wilayah Asia. Untuk bidang kedelai Brazil merupakan negara penghasil kedelai non GMO nomor satu di dunia dan mempunyai varietas kedelai yang tahan masam serta varietas unggul lainnya sehingga Indonesia tertarik untuk bekerjasama dibidang kedelai antara lain untuk introduksi kedelai pada aspek plasma nutfah dan galur harapan (promising lines) disamping peningkatan kapasitas peneliti. Dibidang peternakan Brazil juga cukup bagus untuk kualitas pakan ternak dan sistem recording ternak sehingga Indonesia tertarik untuk bekerjasama dibidang ini.

Dipihak lain Brazil menginginkan untuk bekerjasama dibidang jatropa dan teknologi kelapa sawit disamping keinginannya juga untuk dapat mengekspor daging dan buah tropis ke Indonesia.
Pertemuan CCA ke-3 menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai berikut :

  1. Kerjasama difokuskan pada komoditas kedelai, kelapa sawit, peternakan, buah, dan bioenergi.
  2. Disepakati bahwa sambil menyelesaikan MOU antara EMBRAPA dan Departemen Pertanian untuk area kerjasama tersebut, dokumen usulan proyek atau Technical Cooperation Projects (TCPs) dapat segera dipersiapkan oleh masing-masing instansi terkait.
  3. Brazil menginginkan penjelasan mengenai regulasi perkarantinaan berkaitan dengan keinginan Brazil untuk mengekspor produk pertanian ke Indonesia.

Melengkapi acara pertemuan CCA ke-3 dan dalam rangka mempromosikan potensi khususnya pertanian Propinsi NTB pada hari kedua berlangsung tinjauan lapangan diantaranya ke daerah pengembangan kedelai, jatropa, manggis, peternakan sapi Bali danpusat kerajinan di Lombok Tengah dan Barat.

Gubernur Propinsi NTB berkenan menjamu makan malam seluruh delegasi CCA ke-3 yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Propinsi NTB.

Melalui CCA Indonesia – Brazil diperoleh perkembangan dan langkah tindak lanjut kerjasama bilateral kedua negara dibidang pertanian disamping itu terjalin dan terbuka pula jejaringan yang lebih luas khususnya dengan Propinsi NTB baik sektor pertanian, perdagangan maupun pariwisata.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com