29 Mei 2009

Pertemuan Tingkat Pejabat Senior Kerjasama Pertanian Indonesia - Malaysia



Mataram - Pertemuan SOM ke-1 Bilateral Cooperation on Agriculture Indonesia - Malaysia telah berlangsung pada tanggal 7 – 8 Mei 2009 di Mataram, NTB. Propinsi NTB dipilih mengingat potensi wilahnya terutama komoditi komoditi padi dan ternak sapi yang merupakan area prioritas kerjasama dengan Malaysia serta untuk mempromosikan wisata dan budaya Propinsi NTB ke mancanegara. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MOU bidang pertanian antara RI dan Malaysia oleh kedua Menteri Pertanian tanggal 26 Februari 2009.

Delegasi Indonesia untuk Pertemuan SOM ke-1 ini dipimpin oleh Bapak Syukur Iwantoro, Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pertanian dan Delegasi Malaysia dipimpin oleh Dato’ Mohd Mokhtar B. Ismail, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian dan Industeri Asas Tani Malaysia.


Agenda yang dibahas pada SOM ke-1 ini antara lain pembentukan Technical Working Group on Food Crops and Horticulture and Technical Working Group and Livestock. Pertemuan juga membahas beberapa proposal dari kedua negara yang akan didiskusikan lebih lanjut pada pertemuan Technical Working Groups.

Pertemuan tersebut akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Senior Officials Meeting (SOM) ke-2 dan Joint Committe Meeting (JCM) ke-1 pada bulan Agustus 2009 di Indonesia.


Disamping itu membahas pula perkembangan perkarantinaan serta keinginan Malaysia untuk memenuhi 30% kebutuhan berasnya dengan mengimpor dari Indonesia. Pihak Indonesia menyatakan bahwa ekspor beras baru dapat ditentukan setelah bulan Juli 2009.

Pada hari kedua dilaksanakan pula Prime Mover Meeting on Animal Feed ke-1 dimana pada D-8 Ministers’ Meeting on Food Security, Indonesia dan Malaysia ditunjuk sebagai penggerak utamanya. Dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke objek pertanian dan pariwisata yaitu meninjau tanaman padi, hortikultura, peternakan sapi bali dan sentra mutiara di Lombok Tengah dan Barat. Kedua pihak menyampaikan penghargaan atas suksesnya pelaksanaan pertemuan.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com