20 Juni 2008

PERINGKAT ANTIVIRUS 2008

Penelitian yang dilakukan oleh AV-test yang bekerjasama dengan AV-Test GmbH (Jerman) telah menghasilkan daftar anti virus terbaik di tahun 2008 ini. Test yang dilakukannya adalah membandingkan kurang lebih 28 anti virus. Produk yang diikutsertakan dalam tes adalah produk dengan update terbaru pada bulan januari 2008 ini (dah basi belum ya).


Pengetesan yang dilakukan meliputi:
1. Signature-based test
2. False-Positives-Test ( kesalahan mendeteksi virus )
3. Proactive detection
4. Reaction times
5. Rootkit detection (12 active samples)

Test ini untuk mengetahui akurasi anti virus mendeteksi berbagai jenis virus yang ada. Pengetesan digunakan sample berbagai virus, trojan horses, backdoors, bots dan worm yang berjumlah lebih dari 1 juta (1.024.381 sample). Semuanya merupakan mallware yang menyebar selama 6 bulan terakhir. Pengetesan dilakukan dengan memberikan rating "very good" (++) terhadap anti virus yang mampu mendeteksi lebih dari 98% mallware tersebut.

Pengetesan kedua dilakukan untuk mengetahui prosentase kesalahan mendeteksi file yang bersih. Untuk ini digunakan 65.000 clean files, dan hasilnya memberikan predikat "very good" (++) jika antivirus tidak mendeteksi kesalahan.

Berikut daftar peringkat anti virus terbaik di tahun 2008:
1. AntiVir
2. AVK 2008. Antivirus ini mungkin jarang kita dengar di negeri kita, tetapi berdasarkan test diatas, menduduki peringkat tertinggi dalam mendeteksi virus. Tetapi hal ini harus dibayar dengan kesalahan mendeteksi yang dihasilkan. Selain itu AVK merupakan antivirus berbayar, belum ada versi gratisnya.
3. Avast.
4. Trend Micro.
5. Symantec.
6. AVG.
7. BitDefender.
8. Kaspersky.

Nah sekarang tinggal pilih antivirus yang mau Anda gunakan. Yang diatas bisa jadi bahan perbandingan dan pilihan. Diantaranya ada yang gratis kok meskipun lisensinya terbatas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

artikeL2-Nya bagus Boe...

Template by : kendhin x-template.blogspot.com