19 Juni 2008

PELATIHAN TEKNIK FASILITASI YANG PARTISIPATIF DALAM PELAKSANAAN FMA (ANGK. I)


Pelaksanaan Pelatihan Teknik Fasilitasi Yang Partisipatif Dalam Pelaksanaan FMA (Angkatan I) P3TIP/FEATI Kabupaten Sinjai telah dilaksanakan pada tanggal 26 Mei s/d 8 Juni 2008 (14 hari) di Hotel Rosyida, Jl. G. Lompobattang Kab. Sinjai yang diikuti sebanyak 30 orang penyuluh. Materi yang diberikan selama pelatihan antara lain Kebijakan Penyuluhan Pertanian, Penyusunan RDK dan RDKK, Penyusunan Programa Penyuluhan, Penyusunan Proposal FMA, dll. Selain materi ruangan, juga diadakan praktek lapangan didua desa, yaitu Desa Alehanuae Kec. Sinjai Utara dan Desa Lamatti Riaja Kec. Bulupoddo. Peserta dipecah menjadi 2 kelompok, untuk masing-masing desa sebanyak 15 orang peserta pelatihan ditambah petani didesa tersebut sebanyak 15 orang petani. Didesa inilah para peserta mempraktekkan apa yang didapatkan selama pelatihan. Para petanipun dengan seksama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan, bahkan dengan pelatihan ini mereka mendapatkan ilmu guna lebih memantapkan program kelompok tani mereka guna mendukung FEATI/P3TIP didesanya.


Animo peserta untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Meskipun saat pelatihan Kab. Sinjai sedang diguyur hujan namun tak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti pelatihan tersebut. Bahkan air sempat merendam kamar tempat peserta menginap.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Sinjai, drh. Aminuddin Zainuddin, MM ; untuk memberikan sambutan dan materi kepada peserta. Beliau sangat salut dan bangga melihat kekompakan para peserta pelatihan. Beliau berpesan semoga dengan kegiatan ini dapat lebih meningkatkan prestasi dan kreativitas penyuluh pertanian khususnya penyuluh pertanian di Kabupaten Sinjai.


Untuk Angkatan ke-2, Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2008 (selama 14 hari) di Hotel Rosyida Kab. Sinjai. Sama seperti Angkatan I, akan diikuti sebanyak 30 orang peserta.

Tentang FEATI/P3TIP, klik disini

10 komentar:

Andi Nuryadin, SE mengatakan...

oke bro lanjut terus

Anonim mengatakan...

oke bro, infokan ya kegiatannya biar bisa jadi bahan perbandingan.

Anonim mengatakan...

tauwwa sinjai ada tongmi blognya buat posting kegiatan feati nya.

Anonim mengatakan...

no comment

Anonim mengatakan...

ajarka juga kwodong bikin beginian

Anonim mengatakan...

nyamanna tauwwa

Anonim mengatakan...

HDGHDGH DGHDGHDG DGHDGH DGHDGHDGH DGH DGH

Anonim mengatakan...

apaan tuh cuma huruf doank, iri ya.kasi komentar dong buat yang buat blog ini. majuaja trus bro adin, jngn mundur.

Anonim mengatakan...

tolong dong softwarenya yang baru-baru

Anonim mengatakan...

thanks buat k adhin

Template by : kendhin x-template.blogspot.com