22 September 2008

Manfaat Biogas



Kebutuhan akan energi alternatif semakin meningkat seiring dengan semakin langka dan tingginya harga energi bersumber bahan bakar minyak.
“Sejak menggunakan biogas, saya sekarang hanya perlu minyak tanah maksimal 10 liter saja sebulan untuk keperluan memasak” papar Pak Faturahman dilokasi biogas miliknya.

Sebelumnya, jumlah minyak tanah yang digunakan sebanyak 25 liter perbulan yang dibelinya dengan harga Rp. 4.000 per liter.

Pak Faturahman adalah salah satu peternak di Kalimantan Timur yang mendapat bantuan alat pengolahan biogas skala rumah tangga dari Direktorat Pengolahan Hasil Pertanian, Ditjen PPHP Deptan pada tahun 2007. Bantuan yang diberikan meliputi reaktor biogas, tabung penampung biogas, kompor biogas dan peralatan pendukungnya.


Digester biogas di tempat Pak Faturahman dipasang di dekat kandang miliknya yang berisi 9 ekor sapi. Secara berkala, setiap 2 atau 3 hari sekali kotoran ternak –yang telah dikumpulkan sebelumnya- dimasukkan ke dalam reaktor biogas. Untuk mendapatkan komposisi padat-cair yang sesuai, kotoran ternak ditambahkan air sebelum dimasukan ke dalam reaktor.

Biogas skala rumah tangga dapat beroperasi dengan minimal kotoran ternak 3-4 ekor sapi. Biogas tipe ini dirancang secara sederhana agar mudah digunakan dan dipelihara oleh peternak yang menggunakannya.

Secara teknis, biogas skala rumah tangga memiliki reaktor dengan kapasitas 4 m3, penampung gas 2 m3, drum umpan, pengaman gas, kompor biogas, dan selang saluran biogas. Bila kotoran ternak dimasukan secara optimal, gas yang dihasilkan dapat mencapai 4 m3. Jumlah gas tersebut bila dikonversi setara dengan 2,5 liter minyak tanah.

Selain dapat mengurangi penggunaan minyak tanah, biogas juga bermanfaat sebagai salah satu cara mengelola limbah ternak yang ramah lingkungan. “Sekarang tetangga saya tidak protes lagi mengenai bau dari kotoran ternak sapi karena kotorannya sudah diolah di reaktor biogas” jelas Pa Faturahman mengakhiri perbincangan.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com