30 Juni 2008

Hari 4-Pelatihan Fasilitasi FMA Angk. II (28 Juni 2008)

Dihari ke-4 pelatihan ini, materi yang diberikan oleh fasilitator (Rokit, SP) adalah PRA. Pada materi ini ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh fasilitator antara lain :

Dana FMA desa dan provinsi digunakan untuk membiayai kegiatan penyuluhan pertanian yang dikelola oleh poktan (kelompok tani)/gapoktan (gabungan kelompok tani) desa atau asosiasi pelaku usaha.


PRA merupakan teknik untuk membantu masyarakat tani dalam memahami sumber daya alam wilayahnya.

Beberapa persiapan PRA yaitu :
  1. Pembentukan tim PRA/Tim Pemandu, meliputi : pembagian tugas, penyamaan pandangan, pembentukan sub tim PRA.
  2. Penyusunan dan pembahasan rencana PRA, meliputi : penentuan waktu dan tempat, pembagian tugas, persiapan alat dan bahan (instrumen PRA).
  3. Kunjungan pengakraban dan sosialisasi.
  4. Pelaksanaan PRA, meliputi : kunjungan Tim PRA kelokasi tujuan, pengumpulan data dan informasi (wawancara dengan responden, diskusi hasil pengumpulan data, menetapkan fokus informasi, berbagi informasi dengan antar sub PRA).
  5. Penyusunan laporan PRA, meliputi : rencana gerakan penyuluhan partisipatif, rencana pendukungan komunikasi/penyuluhan.

28 Juni 2008

Hari 3-Pelatihan Fasilitasi FMA Angk. II (27 Juni 2008)

Pada hari ke-3 Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA (Angk. II), materi yang diberikan antara lain adalah Teknik Fasilitasi Petani oleh Solihin, SP. Beberapa catatan penting yang disampaikan dalam materi tersebut antara lain :


Memfasilitasi : memandu, artinya membuat sesuatu menjadi mudah.

Beberapa pengertian dari memfasilitasi antara lain :
  1. Suatu proses mempermudah sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
  2. Suatu proses melayani dan memperlancar aktifitas belajar untuk mencapai tujuan berdasarkan pengalaman.
  3. Mengubah suatu keadaan, perilaku, motivasi dan komitmen melalui suatu proses.

Prinsip dasar memfasilitasi adalah :
  1. Mengutamakan yang terabaikan
  2. Pemberdayaan masyarakat
  3. Masyarakat sebagai pelaku
  4. Saling belajar dan menghargai pemberdayaan
  5. Santai dan informal
  6. Cek and ricek
  7. Mengoptimalkan hasil
  8. Belajar dari kesalahan dan terbuka


Sikap dalam memfasilitasi antara lain :
  1. Mau berbaur
  2. Terbuka pada perbedaan pendapat
  3. Akrab dan bersemangat
  4. Sabar dan tidak mudah tersinggung
  5. Bertanggung jawab
  6. Ikhlas
  7. Tidak menilai negatif pada seseorang
  8. Tidak memandang rendah peserta/petani
  9. Tidak bertindak meremehkan pesera/petani
  10. Tidak menyinggung perasaan peserta/petani
Sepuluh langkah memfasilitasi :
  1. Pembentukan suasana
  2. Ajak peserta berperan dalam memahami dan menjelaskan
  3. Jelaskan media sebenarnya dan beri kesempatan peserta
  4. Memberikan kesan/tanggapan
  5. Tuliskan dan ulas jawaban peserta dan hubungkan dengan kehidupan nyata
  6. Lakukan penegasan materi
  7. Tarik kesimpulan bersama peserta
  8. Ajak peserta merenungkan
Beberapa mutu seorang fasilitator/penyuluh :
  1. Memiliki keterampilan
  2. Harus percaya diri/yakin
  3. Rendah hari
  4. Memiliki pengetahuan yang luas
  5. Kosa kata yang baik dan benar
  6. Optimis, beretika dan disiplin
  7. Suara yang lantang dan jelas
  8. Empati (kepekaan dan perhatian)
  9. Memilki sifat yang jujur, tulus dan terbuka
  10. Berpenampialn dan berprilaku baik
  11. Humoris
Sikap tubuh fasilitator antara lain :
  1. Variasi gerakan
  2. Kontak pandang
  3. Gerakan tanya
  4. Langkah kaki
  5. Senyum manis


Notulen : A. Ariyanti
Posted by : Andi Nuryadin, SE (blog admin)

26 Juni 2008

Hari 2-Pelatihan Fasilitasi FMA Angk. II (26 Juni 2008)

Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA (Angkatan II) P3TIP/FEATI Kab. Sinjai sekarang memasuki hari ke-2 (26 Juli 2008). Berikut cuplikan jalannya kegiatan hari ini (sumber : notulen A. Nining Angriani Hakim, SP)

Jam 08.00 - 11.15 Wita
Nara Sumber : Muh. Akib, SP (PPK P3TIP/FEATI Kab Sinjai)
Materi : Kebijakan P3TIP

Tujuan P3TIP/FEATI :
Memberdayakan petani dan organisasi petani dalam peningkatan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan petani melalui peningkatan aksesbilitas terhadap informasi, teknologi, modal dan sarana produksi, pengembangan agribisnis dan kemitraan usaha.


Ruang Lingkup P3TIP :
  1. Pengembangan kelembagaan penyuluhan
  2. Pengembangan kelembagaan petani
  3. Penguatan ketenaga penyuluhan
  4. Perbaikan sistem dan metoda penyuluhan
  5. Perbaikan penyelenggaraan penyuluhan
  6. Penguatan dukungan teknologi pada usahatani/agribisnis ditingkat petani
  7. Perbaikan pelayanan teknologi dan informasi pertanian
Kelembagaan penyuluhan harus solid agar program pemerintah dapat berjalan dengan baik.

Komponen Program :
  1. Penguatan sistem penyuluhan pertanian yang sesuai dengan kebutuhan petani
  2. Penguatan kelembagaan dan kemampuan petugas
  3. Peningkatan kapasitas pengkajian dan diseminasi teknologi pertanian
  4. Perbaikan pelayanan informasi dan teknologi untuk petani
  5. Penguatan dan dukungan manajemen penyuluhan pertanian



Jam 11.15 - 16.45
Nara Sumber : Hj. Chadijah Razak, SP
Materi : Penumbuhan dan Pengembangan Poktan dan Gapoktan

Petani adalah perorangan warga negara Indonesia beserta keluarganya atau koperasi yang mengelola usaha dibidang pertanian, wanita tani, mina tani.

Kelompok Tani adalah kumpulan petani, peternak, pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota.

Posyanluhtan (Pos Pelayanan Penyuluhan Pertanian) adalah tempat berkumpulnya petani untuk membahas masalah pertanian.



Dalam UU Nomor 16 Tahun 2006, dimana yang menyangkut kelompok tani diatur dalam pasal 9.

Ciri-ciri kelompok tani :
  1. Saling mengenal, akrab dan saling percayan diantara sesama anggota.
  2. Mempunyai pandangan dan kepentingan yang sama dalam berusaha tani.
  3. Memiliki kesamaan dalam tradisi atau pemukiman hamparan usaha, jenis usaha, status ekonomi maupun sosial, bahasa, pendidikan dan ekologi.
  4. Ada pembagian tugas dan tanggung jawab sesama anggota berdasarkan kesepakatan bersama.
Dalam kegiatan pertanian/penyuluhan harus melibatkan tokoh yangberpengaruh dalam masyarakat.


Fungsi Kelompok Tani :
  1. Kelas belajar, wadah belajar mengajar bagi anggotanya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta tumbuh berkembangnya kemandirian dalam berusaha tani sehingga produktivitasnya meningkat, pendapatan bertambah, kehidupan lebih sejahtera.
  2. Wahana kerjasama.
  3. Unit produksi.

Prinsip penumbuhan kelompok tani :
  1. Kebebasan
  2. Keterbukaan
  3. Partisipatif
  4. Keswadayaan
  5. Kesetaraan
  6. Kemitraan

Written by : Andi Nuryadin, SE

25 Juni 2008

Hari 1-Pelatihan Fasilitasi FMA Angk. II (25 Juni 2008)

Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA Angk. II yang dilaksanakan di Hotel Rosyida Kab. Sinjai yang sedianya dibuka oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Sinjai, drh. Aminuddin Zainuddin, MM; namun karena berhubung beliau juga mengikuti kegiatan ditempat lain, maka kegiatan ini dibuka oleh PPK FEATI/P3TIP Kab. Sinjai; Muh. Akib, SP.


Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari Tim Penyuluh Lapangan (TPL) dan Koordinator PPL/Pengelola BPP se Kabupaten Sinjai yang termasuk dalam lokasi FEATI. lihat disini. Dalam pelatihan ini, Bakri SK (Koord. PPL/Kepala BPP Matajang Kec. Bulupoddo) terpilih sebagai Ketua Kelas.

Foto Kegiatan (25 Juni 2008)


Pengisian administrasi dan pemberian kelengkapan peserta

Pembukaan acara pelatihan

Pembukaan acara oleh PPK P3TIP/FEATI Kab. Sinjai
Muh. Akib, SP

Laporan Panitia oleh Sulaeman

Pembacaan doa oleh salah seorang peserta

Suasana peserta pelatihan



Rokit, SP (Fasilitator) sedang memberikan materi

Nawir, SP (Fasilitator) sedang memberikan materi

24 Juni 2008

Jadwal Kegiatan Pelatihan yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA (Angk. II)

PANDUAN

PELATIHAN TEKNIK FASILITASI YANG PARTISIPATIF

DALAM PELAKSANAAN FMA (ANGKATAN II)

I. LATAR BELAKANG

Penyuluhan pertanian adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan produktifitas, efesiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya. Sebagai kegiatan pendidikan, penyuluhan pertanian mengupayakan membantu menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif bagi pelaku utama dan keluarganya.

Dalam rangka mengembangkan kapasitas pelaku utama dan keluarganya tersebut, dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang dikelola oleh pelaku utama itu sendiri (FMA=Farmer Managed extention Activities). Kegiatan ini menitiberatkan pada pengembangan kapasitas manajerial, kepemimpinan dan kewirausahaan pelaku utama dalam pengelolaan kegiatan penyuluhan.

Melalui metode FMA ini, pelaku utama dan pelaku usaha mengidentifikasi permasalahan dan potensi yang mereka miliki diwilayahnya serta merencanakan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan mereka serta partisipatif dalam rangka meningkatkan produktifitas usahanya guna peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya.

Oleh karena itu, Program Pemberdayaan Petani melalui Teknologi dan Informasi Pertanian (P3TIP) memfasilitasi para penyuluh untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif bagi pelaku utama dan keluarganya.

Pada tahun 2008 ini, P3TIP menyelenggarakan Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA.

II. TUJUAN UMUM

Menyiapkan para Tim Penyuluh Lapangan (TPL) agar mampu memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Unit Pengelola FMA (UP-FMA) ditingkat kelurahan/desa.

III. TUJUAN KHUSUS

Meningkatkan kemampuan peserta dalam :

1. Mengadaptasi paket modul FMA

2. Memfasilitasi dalam rangka kegiatan UP-FMA desa/kelurahan.

IV. KELUARAN

1. Terbentuknya dan telatihnya Tim Penyuluh Lapangan (TPL) untuk memfasilitasi kegiatan UP-FMA desa/kelurahan.

2. Teradaptasinya paket modul UP-FMA bagi Tim Penyuluh Lapangan (TPL).

V. WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA Angkatan II ini akan dilaksanakan selama 14 hari (112 jam pelatihan), dari tanggal 25 Juni s/d 8 Juli 2008 bertempat di Hotel Roshida, Jl. G. Lompobattang Kab. Sinjai.

VI. PESERTA

Peserta Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA Angkatan II ini berasal dari para Tim Penyuluh Lapangan (TPL), Koordinator PPL/Pengelola BPP se Kabupaten Sinjai denganjumlah keseluruhan sebanyak 30 orang dengan perincian sebagai berikut :

1. Kecamatan Sinjai Selatan : 6 orang

2. Kecamatan Sinjai Timur : 5 orang

3. Kecamatan Sinjai Utara : 1 orang

4. Kecamatan Bulupoddo : 3 orang

5. Kecamatan Sinjai Barat : 4 orang

6. Kecamatan Borong : 3 orang

7. Kecamatan Tellulimpoe : 4 orang

8. Kecamatan Sinjai Tengah : 4 orang

J u m l a h : 30 orang

VII. PELATIH/FASILITATOR/NARASUMBER

Tim Pelatih/Fasilitator/Narasumber berasal dari :

1. Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Sinjai

2. PPK FEATI/P3TIP Kab. Sinjai

3. Staf Monev FEATI/P3TIP Kab. Sinjai

4. Fungsional Kabupaten Sinjai

VIII. METODE

Workshop dengan peran aktif peserta secara partisipatif melalui :

1. Curah pendapat

2. Penjelasan dan tanya jawab

3. Dinamika kelompok

4. Simulasi

5. Studi kasus

6. Penugasan

7. Praktek lapang (PL)

IX. BIAYA

Semua biaya pelatihan ini dibebankan pada Anggaran P3TIP/FEATI, DIPA Tahun 2008.

X. TATA TERTIB

Untuk kelancaran penyelenggaraan Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA ini, setiap peserta agar dapat mentaati tata tertib sebagai berikut :

1. Untuk memudahkan pengorganisasian, selama pelatihan berlangsung peserta ditempatkan di Hotel Rosyida Kab. Sinjai dan tidak diperkenankan tinggal ditempat penginapan lain serta wajib mentaati segala peraturan yang berlaku.

2. Setia peserta harus berkelakuan baik dan wajib mengindahkan norma-norma setempat, sopan santun, termasuk saat mengikuti praktek lapang.

3. Setiap peserta harus berpakaian rapi, bersih dan pantas selama mengikuti pelatihan.

4. Setia peserta diwajibkan mengikuti semua mata pelatihan yang telah ditetapkan dalam kurikulum menurut jadwal dan tempat yang telah ditentukan. Apabila berhalangan diharuskan memperoleh izin dari panitia dan fasilitator yang bersangkutan.

5. Setiap menghadiri proses pelatihan, para peserta harus mengisi daftar hadir diruang kelas minimal 10 menit sebelum acara dimulai.

6. Konsumsi, akomodasi dan transportasi peserta ditanggung oleh panitia.

XI. MATERI

1. Kebijakan Penyuluhan Pertanian

2. Kebijakan P3TIP/FEATI

3. Penumbuhan dan Penguatan Poktan dan Gapoktan

4. Penyuluhan Pertanian yang Partisipatif

5. Teknik Fasilitasi Unit Pengelola FMA (UP-FMA)

a. PRA

b. Penyusunan RDK/RDKK

c. Penyusunan Praograma Penyuluhan Pertanian

d. Penyusunan Proposal

e. Pelaporan dan Pengelolaan Keuangan UP-FMA

6. Teknik Fasilitasi Petani

7. Manajemen Diklat

8. Pembuatan Bahan Ajar/Modul

9. Praktek Lapang (Persiapan, Pelaksanaan dan Refleksi)

10. Dinamika Kelompok

11. RTL (Penyusunan Kurikulum)

12. Evaluasi Pelatihan

XII. ORGANISASI PENYELENGGARA

1. Penanggung Jawab : Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Sinjai

2. Ketua : Sukmawati, S.Sos

3. Sekretaris : A. Nuryadin, SE

4. Bendahara : Muh. Yusuf Tola

5. Anggota : a. Rainang, SP

b. Warda, A.Md

c. A. Nining Angriani Hakim

d. A. Baso Kalaka

e. A. Ariyanti

XIII. JADWAL

Terlampir

XIV. PENUTUP

Demikian Buku Panduan ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaannya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

Hal-hal teknis yang belum dicantumkan dalam Buku Panduan ini akan dijelaskan kemudian oleh Panitia.

Jadwal Kegiatan

Pelatihan Teknik Fasilitasi yang Partisipatif dalam Pelaksanaan FMA (Angk. II)

Sinjai, 25 Juni s/d 8 Juli 2008

Hari/Tgl.

Waktu

Materi Kegiatan

Fasilitator/ Narasumber

Keterangan

1

2

3

4

5

Rabu,

08.00 - 08.45

Pembukaan

25 Juni 2008

08.45 - 09.30

Kebijakan Penyuluhan Pertanian

Kepala Badan

09.30 - 10.15

Kebijakan Penyuluhan Pertanian

Kepala Badan

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Dinamika Kelompok (DK)

11.15 - 12.00

Dinamika Kelompok (DK)

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Dinamika Kelompok (DK)

14.15 - 15.00

Dinamika Kelompok (DK)

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Dinamika Kelompok (DK)

16.00 - 16.45

Dinamika Kelompok (DK)

Kamis

08.00 - 08.45

-

26 Juni 2008

08.45 - 09.30

Kebijakan P3TIP

Muh. Akib, SP

09.30 - 10.15

Kebijakan P3TIP

Muh. Akib, SP

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Kebijakan P3TIP

Muh. Akib, SP

11.15 - 12.00

Penumbuhan dan Penguatan Poktan dan Gapoktan

Hj. Chadijah Razak, SP

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Penumbuhan dan Penguatan Poktan dan Gapoktan

Hj. Chadijah Razak, SP

14.15 - 15.00

Penumbuhan dan Penguatan Poktan dan Gapoktan

Hj. Chadijah Razak, SP

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Penumbuhan dan Penguatan Poktan dan Gapoktan

Hj. Chadijah Razak, SP

16.00 - 16.45

Penumbuhan dan Penguatan Poktan dan Gapoktan

Hj. Chadijah Razak, SP

Jumat

08.00 - 08.45

-

27 Juni 2008

08.45 - 09.30

Penyuluhan Pertanian yang Partisipatif

Sumirat Ballaso, A.Md

09.30 - 10.15

Penyuluhan Pertanian yang Partisipatif

Sumirat Ballaso, A.Md

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Penyuluhan Pertanian yang Partisipatif

Sumirat Ballaso, A.Md

11.15 - 12.00

Penyuluhan Pertanian yang Partisipatif

Sumirat Ballaso, A.Md

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Teknik Fasilitasi Petani

Solihin, SP

14.15 - 15.00

Teknik Fasilitasi Petani

Solihin, SP

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Teknik Fasilitasi Petani

Solihin, SP

16.00 - 16.45

Teknik Fasilitasi Petani

Solihin, SP

1

2

3

4

5

Sabtu

08.00 - 08.45

-

28 Juni 2008

08.45 - 09.30

P R A

Fasilitator

09.30 - 10.15

P R A

Fasilitator

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

P R A

Fasilitator

11.15 - 12.00

P R A

Fasilitator

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

P R A

Fasilitator

14.15 - 15.00

P R A

Fasilitator

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

P R A

Fasilitator

16.00 - 16.45

P R A

Fasilitator

Minggu

08.00 - 08.45

-

29 Juni 2008

08.45 - 09.30

RDK/RDKK

Fasilitator

09.30 - 10.15

RDK/RDKK

Fasilitator

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

RDK/RDKK

Fasilitator

11.15 - 12.00

RDK/RDKK

Fasilitator

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

RDK/RDKK

Fasilitator

14.15 - 15.00

RDK/RDKK

Fasilitator

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Programa Penyuluhan Pertanian

Fasilitator

16.00 - 16.45

Programa Penyuluhan Pertanian

Fasilitator

Senin

08.00 - 08.45

-

30 Juni 2008

08.45 - 09.30

Programa Penyuluhan Pertanian

Fasilitator

09.30 - 10.15

Programa Penyuluhan Pertanian

Fasilitator

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Programa Penyuluhan Pertanian

Fasilitator

11.15 - 12.00

Programa Penyuluhan Pertanian

Fasilitator

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Proposal

Fasilitator

14.15 - 15.00

Proposal

Fasilitator

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Proposal

Fasilitator

16.00 - 16.45

Proposal

Fasilitator

Selasa

08.00 - 08.45

-

1 Juli 2008

08.45 - 09.30

Proposal

Fasilitator

09.30 - 10.15

Proposal

Fasilitator

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Proposal

Fasilitator

11.15 - 12.00

Proposal

Fasilitator

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Proposal

Fasilitator

14.15 - 15.00

Proposal

Fasilitator

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Proposal

Fasilitator

16.00 - 16.45

Proposal

Fasilitator

1

2

3

4

5

Rabu

08.00 - 08.45

-

2 Juli 2008

08.45 - 09.30

Monev

Sulaeman

09.30 - 10.15

Monev

Sulaeman

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Monev

Sulaeman

11.15 - 12.00

Monev

Sulaeman

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Pengelolaan Keuangan FMA

Rainang, SP

14.15 - 15.00

Pengelolaan Keuangan FMA

Rainang, SP

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Pengelolaan Keuangan FMA

Rainang, SP

16.00 - 16.45

Pengelolaan Keuangan FMA

Rainang, SP

Kamis

08.00 - 08.45

-

3 Juli 2008

08.45 - 09.30

Pengelolaan Keuangan FMA

Rainang, SP

09.30 - 10.15

Pengelolaan Keuangan FMA

Rainang, SP

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Manajemen Diklat

Fatwa M. Amin P

11.15 - 12.00

Manajemen Diklat

Fatwa M. Amin P

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Manajemen Diklat

Fatwa M. Amin P

14.15 - 15.00

Pembuatan Bahan Ajar/Modul

Fasilitator

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Pembuatan Bahan Ajar/Modul

Fasilitator

16.00 - 16.45

Pembuatan Bahan Ajar/Modul

Fasilitator

Jumat

08.00 - 08.45

Persiapan Praktek Lapang

Fasilitator

4 Juli 2008

08.45 - 09.30

Persiapan Praktek Lapang

Fasilitator

09.30 - 10.15

Persiapan Praktek Lapang

Fasilitator

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Persiapan Praktek Lapang

Fasilitator

11.15 - 12.00

Persiapan Praktek Lapang

Fasilitator

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Persiapan Praktek Lapang

Fasilitator

14.15 - 15.00

Berangkat Lapangan

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

-

16.00 - 16.45

-

Sabtu

08.00 - 08.45

Praktek Lapangan

5 Juli 2008

08.45 - 09.30

Praktek Lapangan

09.30 - 10.15

Praktek Lapangan

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Praktek Lapangan

11.15 - 12.00

Praktek Lapangan

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Praktek Lapangan

14.15 - 15.00

Praktek Lapangan

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Praktek Lapangan

16.00 - 16.45

Praktek Lapangan

1

2

3

4

5

Minggu

08.00 - 08.45

Praktek Lapangan

6 Juli 2008

08.45 - 09.30

Praktek Lapangan

09.30 - 10.15

Praktek Lapangan

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Praktek Lapangan

11.15 - 12.00

Praktek Lapangan

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Praktek Lapangan

14.15 - 15.00

Praktek Lapangan

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Praktek Lapangan

16.00 - 16.45

Praktek Lapangan

Senin

08.00 - 08.45

Praktek Lapangan

7 Juli 2008

08.45 - 09.30

Praktek Lapangan

09.30 - 10.15

Praktek Lapangan

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Praktek Lapangan

11.15 - 12.00

Praktek Lapangan

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

Praktek Lapangan

14.15 - 15.00

Praktek Lapangan

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Praktek Lapangan

16.00 - 16.45

Praktek Lapangan

Selasa

08.00 - 08.45

-

8 Juli 2008

08.45 - 09.30

Refleksi PL

09.30 - 10.15

Refleksi PL

10.15 - 10.30

Istirahat

10.30 - 11.15

Refleksi PL

11.15 - 12.00

Refleksi PL

12.00 - 13.30

Ishoma

13.30 - 14.15

R T L

14.15 - 15.00

Evaluasi

15.00 - 15.15

Istirahat

15.15 - 16.00

Penutupan

16.00 - 16.45

Penutupan

Template by : kendhin x-template.blogspot.com